Deep Purple Membakar Jakarta - 1975




Bagi sebagian besar anak-anak muda jaman sekarang konser Deep Purple di Stadion Utama Senayan tahun 1975 itu bagaikan mitos. "Deep Purple konser seluruh Jakarta mati listrik," "Tommy Bolin sempat belanja drugs di Kalipasir, Cikini," "Personel Deep Purple Belanja Vinyl di Jalan Surabaya," dan sebagainya. Hampir semua orangtua yang besar di paruh dekade '70an agaknya menyaksikan konser supergrup rock dunia ini. Bahkan ayah dan ibu saya juga hadir di tempat tersebut. Ayah sangat paham karena dia rockhead, namun ibu datang semata-mata untuk menemani sang pacar. Sebuah bentuk kongkret dari istilah kesetiaan :) Intinya, siapapun yang tidak menyaksikan konser Deep Purple saat itu harus rela menerima cap terbelakang, ndeso. Hehehe. Dicuplik dari film dokumenter "Untuk Kaum Muda" berikut ini adalah foto-foto Deep Purple sejak mereka tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, arak-arakan mobil penjemput di Thamrin, Press conference di Hotel Mandarin, konser di Stadion Utama Senayan hingga polah penonton jebolan yang menjadi bukti otentik bahwa akar penonton Indonesia memang sangat doyan gratisan (silakan diperdebatkan!). Inilah momen-momen saat Deep Purple resmi membakar Senayan!

Komentar

  1. ini dia nih kayaknya salah seorang cetak biru jurnalis musik. diawali dengan menjadi wartawan, bertemu musisi idola hingga berteman baik, terus mengorbitkan artis-artis dan jadi manajernya deh. hahaha.

    BalasHapus
  2. Setuju, Man. Dan bokap elo ikut menjadi bagian dari sejarah itu. Lebih gokil lagi tuh! Hehe. Sampe sekarang masih seneng gue bisa berkenalan langsung sama Oom Donny. Mantep!

    BalasHapus
  3. Setuju, Man. Dan bokap elo ikut menjadi bagian dari sejarah itu. Lebih gokil lagi tuh! Hehe. Sampe sekarang masih seneng gue bisa berkenalan langsung sama Oom Donny. Mantep!

    BalasHapus
  4. Yo'i, Leh. Amerika punya Lester Bangs atau Greil Marcus, Indonesia bangga punya Denny Sabri. Malah the great Denny Sakrie aja ngaku kalo dia kagum berat sama orang ini dan rela mengganti nama aslinya sampe hampir mirip dengan idolanya. Sabri rules!

    BalasHapus
  5. Yo'i, Leh. Amerika punya Lester Bangs atau Greil Marcus, Indonesia punya Denny Sabri. Malah the great Denny Sakrie aja ngaku kalo dia kagum berat sama orang ini dan rela mengganti nama aslinya sampe hampir mirip dengan idolanya. Sabri rules!

    BalasHapus
  6. wah waahhh.. alm.bapak aku juga nonton loohh... hihihihiiii.... hampir seluruh hidupnya deihabiskan dengan kerja ditemani dengan musik-musik dari deep purple dan roliing stone.. cihuyyy!

    BalasHapus
  7. keren... meskipun tahun 2000an mereka kesini lagi (udah tua2)....waktu smp tmen gua ngajakin nonton mereka "ayo dit gpp nonton aja, kapan lagi mereka kesini, mumpung masih pada idup, ntar keburu mati"...weks, nyesek juga...

    jaman dulu keren yah ada arak2annya...

    BalasHapus
  8. Rhoma Irama dateng juga pasti ya Wenz, dia ada di baris paling depan deh kayaknya...hehehehe....

    BalasHapus
  9. Nah, bener kan tuh nonton juga ortunya hehe. Emang saat itu lagi jamannya, xaz :)

    BalasHapus
  10. Gue sempet nonton mereka juga di JCC pas show kedua tahun 2002 kao gak salah. Tetep sakti kok, malah dengan Ian Gillan segala yang dulu di taun 75 gak ikutan karena sempat cabut dari band.

    Arak-arakan jaman dulu emang tradisi kayaknya hehe. Jaman sekarang mana ada yang peduli ya.

    BalasHapus
  11. Taon 75 kurang tau juga gue doi dateng apa nggak, yang pasti pas taun 2002 itu gue ngeliat Raja Dangdut juga ikuta nonton di JCC, bon. Headbanging malah. Secara influenced doi hehe.

    BalasHapus
  12. Hahahahaha.....pas headbanging keagamaan dan kedangdutan beliau luntur ya Wenz....

    BalasHapus
  13. hahah... selama ini saya hanya mendengar cerita dari oom saya tentang konser ini, dan sekarang saya bisa melihat foto²nya... makasih bang Wenz!

    BalasHapus
  14. buset harga tiketnyah murah sekali!

    BalasHapus
  15. seandainya saat itu aku sudah tidak dalam buaian ibu lagi, aku sudah berada di VIP-nya...hmmm....

    BalasHapus
  16. ian lord and tommy bolin....???

    BalasHapus
  17. bweehhh....ga kebayang pada jamannya bisa begini....!

    BalasHapus
  18. thanks foto2nya...jadi ada bayangan dikit jakarta tempo dulu (thamrin kayaknya sepi tuh). soal mitosnya gimana, bener jakarta mati lampu??? memang perlu listrik berapa banyak sih konsernya sampe kudu mati listrik segala??

    btw, beberapa waktu lalu (24 okt 2005) gue sempet nonton konser DP di mexico....hehehehe...dibanding thn 75 ini beda penampilan, udah pada opa2 jadi rambut pada rapih, pake kaos oblong, tapi musiknya masih dahsyat juga.....nobody's gonna take my car, i'm gonna take you to the ground...:)

    BalasHapus
  19. wen, dimana sih nyari dvd aktuil yang untuk kaum muda itu?emang masih ada yang jual sampe sekarang ya?

    BalasHapus
  20. wah gila pas 22 thn yang lalu Wenz...
    hehe elu Wenz ada pertemuan KCI gitu gak bilang2 gue, kan gue nyusul.. si Memet itu? wah maju tuh orang dia start dari nol banget di KCI ... =) cheers

    BalasHapus
  21. keren nih foto-fotonya. gw 2 kali nonton DP manggung di Jakarta. nggak ketinggalan, nonton Whitesnake main juga di Derby. masih lebih ok DP

    BalasHapus
  22. btw, di mclaro pernah ada posting penduduk Purwokerto yang memelihara mobil tumpangan Deep Purple waktu itu. saking ngefan sama DP, si anggota mclaro ini selalu keliling mencari mobil ini, dan justru di kotanya sendiri, dia menemukan mobil ini. sudah sampai ngecek BPKBnya

    BalasHapus
  23. aku minta fotonya ini ya mas, salam kenal dan salam persahabatan selalu dari aku

    BalasHapus
  24. Waduh keren bgt! kalo ada yang punya aslinya nih!!! mantaab!!

    BalasHapus
  25. Anjriit!!! ini foto2nya legend bgt!!

    BalasHapus
  26. boss, dimana bisa beli DVD "untuk kawula muda" ? harga berapa ? apa harus order inline atau di toko2 offline juga ada ?

    makasih infonya....

    demi menggali akar kebudayaan ROCK di Indonesia.

    BalasHapus
  27. Mas Wenz, mohon ijin foto-fotonya ya? Jadi terharu....Salam kenal, terima kasih.

    BalasHapus
  28. bokap gua nyesel mpe sekarang ga dateng ke ni konser..hehe
    gua minta potonya ya wenz,,buat si babe..
    thx..

    BalasHapus
  29. kami minta yg ini boleh ya.. keep on rawkin' !

    BalasHapus
  30. haha.. gw udah nonton filmnya. Yoi.. keren yak.. Dengan 7500 kita bisa nonton konser DP! Denny Sabri sejarah banget tuh, bisa sampe naik jet dan mobil pribadi bareng DP. Sampe sekarang masih kontak2an gak ya? :p

    Oia.. yang mau beli DVD Untuk Kaum Muda (For The Youngsters), pm gw aja. Waktu itu gw pesen langsung ke sutradaranya. Nanti gw kasih no hp nya, gak enak gw sebar langsung disini.

    BalasHapus
  31. waduh bokap gw sebelah mana ya? yg jelas bokap gw belum pacaran ama nyokap gw, klo dah pacaran pastinya nyokap gw dah di ajak nonton jg....!!! hebat euy bokap gw milih nonton konser ini dibanding main judi lagi mudanya, hahaha

    BalasHapus
  32. permisi..mau nyuri photo2nya ya mas..hahaa

    BalasHapus
  33. bokap tmen gw dateng disitu..haha

    BalasHapus
  34. Saya nonton di kedua malam konser DP tersebut, tahun 1975. Malam kedua malah hancur, penontonnya banyak anak singkong, bakar-bakar kursi stadion lagi. Heheh.. Seru dah waktu itu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKJ: SCHOOL OF ROCK [Editor's Cut]

LED ZEPPELIN Reunion 2007: The Full Report From David Fricke