Metal: A Headbanger's Journey

Start:     Dec 9, '06 9:00p
Location:     EX 3
Director : Sam Dunn, Scot McFadyen, Jessica Joy Wise
Cast : Tom Araya, Alice Cooper, Bruce Dickinson, Tony Iommi, etc.
Genre : Documentary/Music
Country : Canada
Language : English
Duration : 96 Min

Review:

Sutradara film dokumenter ini, Sam Dunn adalah seorang antropologis sekaligus anak metal berumur 30 tahun asal Kanada. Mungkin itulah yang membedakan dokumenter ini dengan yang lainnya. Sam menggunakan sudut pandang penggemar dan disiplin ilmu yang ditekuninya guna menemukan jawaban mengapa musik metal selalu distereotipkan negatif, salah dimengerti dan dihujat masyarakat. Yang anehnya justru membuat metal makin dipuja jutaan penggemarnya di seluruh dunia.

Sam dan kawan-kawan terbang ke Los Angeles, New York, London, Jerman hingga Norwegia untuk mencari jawabannya. Menelusuri kejayaan hair metal Sunset Strip, berkemah di Wacken Open Air, bersua Slayer di belakang panggung dan menelusuri jejak black metal di Norwegia. Ia juga mewawancarai metalgods idolanya; Bruce Dickinson, Tony Iommi, Alice Cooper, Lemy Kilminster, Geddy Lee, Rob Zombie, Ronnie James Dio hingga bertatap muka dengan groupie terkenal sepanjang masa, Pamela Des Barres.
DVD ini dilengkapi pula dengan footage-footage menawan dari masa lalu yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Era 1986 ketika anak-anak muda di seluruh dunia tergila-gila dengan musik metal dan mencaci maki Madonna di pinggir jalan. Jaman dimana Dee Snider berada di garda terdepan untuk membela metal dari serangan anggota Kongres AS dan Tipper Gore, istri mantan Wapres AS yang menyebut metal sebagai musik setan. Sam juga berhasil mendapatkan footage langka ketika awal 90an di Norwegia banyak terjadi pembakaran gereja oleh milisi satanis black metal sana.

Ada dua disc dalam DVD ini. Disc pertama yang berdurasi satu jam tiga puluh menit merupakan dokumenter utama. Sementara disc kedua pantang dilewatkan juga. Bonus family tree metal, 30 menit dokumenter scene black metal Norway, outtakes dari London, New York, Los Angeles, Wacken Open Air festival dan masih banyak lagi. Oh ya, rencananya, Sam Dunn bakal berkunjung ke Jakarta dan Bali untuk proyek sekuel DVD ini yang berjudul Global Metal.

Metal: A Headbanger’s Journey adalah sebuah DVD yang wajib Anda saksikan, bahkan bagi orang yang membenci metal sekalipun. Edukasi yang tepat untuk generasi band cadas jaman sekarang yang kerap salah kaprah mendefinisikan metal. Nevermind the bollocks, here’s the real deal!

Komentar

  1. musti antri 2 jam sebelumnya,Wenz..secara gratis hehehe

    BalasHapus
  2. wah? gratis? di bookletnya kok gak ada keterangannya ya, ndra?

    BalasHapus
  3. gratis wenz..ada keterangannya kok.Biasanya sih kalo Jiffest khusus film documentary dan screening movie emang gratis.Keterangannya (gratis atau bayar) ada di booklet halaman 66-70

    BalasHapus
  4. Kejadian Filth and Fury keulang lagi ga ye?Packaging beda,kerusuhan tetep sama :p

    BalasHapus
  5. ooh, ok ic. tenkyu, fren. kalo beli tiketnya katanya di aksara bisa ye?

    BalasHapus
  6. mudah2an sih kagak keulang lagi. metal sih cenderung tertib administratip hehe..

    BalasHapus
  7. Bisa kok.Dari skr2 aja Wenz belinya..suka keburu abis kalo udah deket2 baru beli,mana bagus2 semua lagi filmnya taun ini

    BalasHapus
  8. Tgl 9 dan 10 Ex akan dipenuhi lautan hitam2 hihihihi

    BalasHapus
  9. buruan tuh bikin provokasi "i love you om" di milis...biar orang bioskop pada bingung...

    gratuit...

    BalasHapus
  10. yeahhh...good idea, bob! thanks. hehe...

    BalasHapus
  11. gratis yah? ribet dunk...grasagh grusugh grauzigh gituh...
    tetep dateng tp kopiin dunk wen pelemnya, kata arian loe ada...mau dunx bos :D

    BalasHapus
  12. kok ada yg bilang Jakarta di skip. Cuma Bali?

    Bandung? Malang? Medan?

    BalasHapus
  13. Asyiiik gratis! Wajib nonton kayaknya neh...eh, tapi bukannya Jiffest ada semacam tiket terusan yang daftar segala gitu? Atau tinggal ngantre di bioskop sih? Tiket apaan yang dijual di aksara? Gratisan atau dijual sih hehe...jadi bingung. Nggak pernah bisa sih datang ke Jiffest dari dulu. Cuman pas screening di kampus doang :'(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKJ: SCHOOL OF ROCK [Editor's Cut]

LED ZEPPELIN Reunion 2007: The Full Report From David Fricke