KANTATA TAKWA - "Bongkar" [Live at Senayan Stadium, June 23 1990]




Video ini dicuplik dari KANTATA TAKWA : THE MOVIE di bioskop demi kepentingan non-komersial. Semoga sutradara Erros Djarot, Gotot Prakosa & produser Setiawan Djody memaafkannya ;-)

23 Juni 1990 pukul 16:00 WIB, Stadion Senayan Jakarta, ratusan ribu penonton yang kebanyakan anak-anak muda yang besar di bawah tekanan sepatu lars tentara-tentara Soeharto beruntung menyaksikan salah satu konser musik gratis terbesar yang pernah ada dalam sejarah panggung musik di Indonesia: "Pentas Musik Nasional '90 KANTATA TAKWA."

"Bongkar" salah satu hit klasik dari SWAMI dibawakan live oleh kolaborasi legendaris KANTATA TAKWA (Iwan Fals, WS Rendra, Sawung Jabo, Setiawan Djody, Yockie Suryoprayogo, Donny Fattah, Budi Haryono, dsb.) di depan sekitar 100.000 penonton yang sempat direpresi sekitar 5000 tentara Soeharto yang ikut “mengamankan” jalannya konser spektakuler ini.

Bisa disaksikan di video ini panggung besar super-megah dengan logo Garuda raksasa di atapnya disertai kilatan lighting dan laser yang tergolong langka pada masanya. Juga keras terasa gelora semangat Iwan Fals muda (yang kini seakan patah arang), galaknya Sawung Jabo, tenangnya Setiawan Djody dan khidmatnya paduan suara ratusan ribu “umat” yang berteriak lantang:

“O, o, ya o ... ya o ... ya Bongkar / O, o, ya o ... ya o ... ya Bongkar..”

Anthem para pemberontak muda dekade awal ‘90an yang tercipta 3 tahun lebih dulu dari “Smells Like Teen Spirit” ini menjadi katarsis yang fenomenal pada jamannya dan hingga kini belum ada satu lagu baru pun yang mampu menandinginya. Bayangkan betapa dahsyat memberontaknya lirik-lirik seperti di bawah ini saat itu:

“Sabar, sabar, sabar dan tunggu / Itu jawaban yang harus kami terima
Ternyata kita harus turun ke jalan / Robohkan setan yang berdiri mengangkang…”

Boleh dibilang Gerakan Reformasi ’98 berhutang besar pada momen yang sangat inspirasional ini. Konser KANTATA TAKWA adalah fondasi inspirasi yang 8 tahun kemudian ikut merobohkan dinding tiran kediktatoran Soeharto. Itulah yang kemudian membuat konser ini begitu kontekstual dan memotivasi lahirnya sebuah gerakan pembangkangan sipil modern di bulan Mei 1998.

Momen yang mega-langka dan tak mungkin terulang lagi (Stadion Senayan kini terlarang digunakan untuk konser!) ini didokumentasikan dengan 30 kamera film yang menjadi rekor tersendiri saat itu di tanahair.

Setelah sempat teronggok selama 18 tahun dan terkena banjir bandang, untuk pertama kalinya film KANTATA TAKWA ini akan ditayangkan kepada khalayak luas mulai tanggal 26 September - 4 Oktober 2008 di jaringan bioskop BLITZ Megaplex (Grand Indonesia JAKARTA dan Paris Van Java BANDUNG).

Sebuah mahakarya mengagumkan yang seharusnya ditonton pula oleh SBY, JK beserta para jajaran menterinya. Sudah sepatutnya mereka menangis saat menyaksikannya, bahkan harus lebih termehek-mehek dari tangisan gombal di Ayat-Ayat Cinta. Harus menangis karena selama 18 tahun lamanya negara sial ini ternyata tak pernah benar-benar beranjak keluar dari masalah-masalah lama yang itu-itu saja!

Intinya, benamkan pantat Anda di sofa empuk bioskop sekarang juga atau mati saja sekarang juga (jika melewatkannya)!



Don’t Miss It…

KANTATA TAKWA : THE MOVIE
26 September – 4 Oktober 2008
@ Blitz Megaplex

Komentar

  1. wah keren..
    lagu ini happenig sekali ya waktu itu

    BalasHapus
  2. wah, kok gue bs amep ga tau, kalo ini film diputer dibioskop... kayanya kebanyakan deadline nih gue... protes bos! hehehe

    BalasHapus
  3. ini kok pasti mudik sih di puternya...

    BalasHapus
  4. Merinding gue liat rekaman ini. Pasti nonton.

    BalasHapus
  5. saya sudah nonton hehehe. menurut saya, footage2 konsernya memang luar biasa gila. dan ingat, ini belum seberapa. Mas gotot (sutradara film ini) bilang bahwa dia memiliki footage 100 jam konser mereka (600 can film). Benar-benar sebuah kekayaan yang berharga. Btw saya agak terganggu dengan adegan teaterikalnya dengan seorang perempuan berjilbab yang tampak anakronisme dan well, a little bit norak hahaha.

    BalasHapus
  6. Saatnya roh Kantata Takwa bangkit lagi, bersaksi tentang kejahatan penguasa yang belum hilang, dan meminta rakyat jangan pilih politisi busuk

    BalasHapus
  7. I was three man !
    Ada 1 hal yang mengerikan ketika mati lampu pas lagu pertama dinyanyikan.
    Semua orang yang nonton pasti tau karna pada saat itu bener-bener kacau, banyak tawuran, banyak yang berteriak memanggil nama Iwan Fals dan tiba-tiba berubah menjadi sunyi senyap ketika lampu padam.

    BalasHapus
  8. Sangat keren malah. Walao emang penuh simbolisasi di dalamnya. Bongkar kayaknya lagu protes yang paling hit selaen Bento :-)

    BalasHapus
  9. Emang kemaren undangannya nggak nyebar luas kayaknya, banyak wartawan yang dateng dadakan juga. Termasuk RS hehe

    BalasHapus
  10. tgl 26 emang udah mudik, ded? cepet amat hehehe. nonton dulu baru mudik, biar lebih sreg ngerasain penderitaan rakyat di jalan :-)

    BalasHapus
  11. gue aja yang kerja di blitz baru tau dari soleh kalo diputer di blitz, sial...

    bokap gue juga gak diundang.

    anyway, wajib berangkat nih, mengenang konser spektakuler yang gue juga hadir waktu itu dan masih inget suasana emosi ratusan ribu crowd itu.

    BalasHapus
  12. Itu juga sempet ditanya sama wartawan kemaren, kemana sisa yang ratusan can film laennya itu. hehe..

    BalasHapus
  13. Masih lama nanti diputernya, Man. Tanggal 26 September sampe 4 Oktober 2008. Santei aja hehe.
    Ngeliat bokap elo masih muda di situ kayak ngeliat elo ye hehe...
    Gue nggak nonton tuh, pas Jagger nggak diajak bokap karena masih terlalu kecil dan pas Kantata jiper ngeliat crowd Iwan Fals yang destroy hehe. Makanya pas Sepultura dan Metallica langsung revenge hehe... Lucky you, Man.

    BalasHapus
  14. hehe, no brother lucky YOU yang bisa nonton metallica di lebak bulus...huhuhuhu.

    gue masih inget nih pas crowd rusuh bakar kursi, deket banget sama tempat gue duduk. gue masih SMP waktu itu kalo gak salah. tapi rada ajaib sih dengan kapasitas konser iwan fals dengan masa sebesar itu gak ada kerusuhan yang sampe gila-gilaan, kayaknya masih jauh lebih brutal konser metallica.

    BalasHapus
  15. barusan baca review-nya di tempat soleh solihun....cakep!
    26 sept - 4 okt....brengkets

    BalasHapus
  16. gw waktu itu masih smp,dengan modal nekad gw dateng ke senayan,anjriiit jiper juga ngeliat penonton sebanyak itu,kalo ga salah tiketnya itu potongan dari album kantata takwa.

    BalasHapus
  17. wah, metallica edan lah waktu itu. jauh lebih parah dan brutal. emang kemana pas metallica lu?

    yang gue denger katanya VIP section sampe dibakar sama penonton segala ya? crazy!

    BalasHapus
  18. sama, dri, gue juga kelas 3 smp tapi gak jadi berangkat karena ditakut2in temen bakal ribut gede dan segala macemnya lah hehe. bener emang dari potongan sleeve album di kaset tuh. asik juga waktu itu, beli kaset dapet tiket konser akbar hehe...

    BalasHapus
  19. salah satu pertujunjukkan konser yang sangat megah pada zaman itu,panggung yang sangat,sound system yang luar biasa dan sinar laser yang di datangin dari francis,gosipnya tuh sinar laser bisa sampe ke bulan ahahaha

    BalasHapus
  20. wah asik nih.... ikutan nonton ya...

    BalasHapus
  21. O, o, ya o ... ya o ... ya Tear It Down..
    O, o, ya o ... ya o ... ya Tear It Down..

    BalasHapus
  22. ..kog di tempat guwa kagang mau muter yak?

    BalasHapus
  23. waduh harus nonton nih... masih ada kan di Blitz? Secara dulu gue nonton dan pulang2 bukan cerita2 tentang konsernya tapi malah menghitung-hitung hasil topi yang di dapet di acara itu

    BalasHapus
  24. tuh kan vero...nonton ngga ngajak-ngajak gue kok? :(

    BalasHapus
  25. mudah2an aja bisa nyampe kemedan..
    Ato ada yang berminat jadi mediatornya??
    Kami fasilitaornya.. :)

    BalasHapus
  26. mantab boss...makasi ya ....kapan ya nyampai Bali???

    BalasHapus
  27. Hmm.....gila udah 18 tahun ya.....gak terasa.Jadi ingat nonton Kantata Takwa.....dengan nyali penuh.....karena penontonnya itu.....dan karena Iwan Fals,karena Rendra dan karena elemen God Bless (Yockie dan Donny Fattah)...........
    Sayang ya hanya di Blitz,mestinya seluruh rakyat (musik) Indonesia menontonnya......

    BalasHapus
  28. emang gila ni film. tapi kayaknya mpe tanggal 8 masih ada deh diputer. gw aja baru kemaren nontonnya (tgl 6).
    so, buruan cabut ke blitz!!

    BalasHapus
  29. wedehhhh..........ketinggaln nih gueeee..
    belum nonton ,,,,,terus mau nonton kemana nih........?
    ada yg punya dvd nya gaaaaaaaa?

    BalasHapus
  30. Mau nyari DVDnya kemana ya mas?
    Mohon infonya.

    BalasHapus
  31. ok cuma diputar di jakarta??? kpn di semarang ??

    BalasHapus
  32. Bang Iwan Fals " Penyanyi Sepanjang Masa "

    BalasHapus
  33. please donk para admin masukin video pull nya??????
    format apapun trima dech asal mpe selesai

    BalasHapus
  34. dimana tempat kita beli kaset.a kalok di jogja,,,, mintak info,a dongk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKJ: SCHOOL OF ROCK [Editor's Cut]

LED ZEPPELIN Reunion 2007: The Full Report From David Fricke