KOIL - Moral [unofficial title]

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Hard Rock & Metal
Artist:KOIL

07.07.07 adalah momen pertama sebuah pembakaran kepingan CD murahan yang menoreh hasil kerja keras selama enam tahun dari salah satu grup rock independen terbesar di Indonesia: KOIL.

Saya ulangi: Enam tahun! Dan enam tahun untuk sebuah effort yang telah diantisipasi besar para penggemar Koil dari Sabang sampai Merauke niscaya akan terasa seperti seumur hidup. Beragam janji, membusuknya basa-basi hingga beberapa kebohongan di media adalah prologue menuju rilisnya album ini. Otong memang hampir sebrengsek Axl Rose, namun enam tahun untuk enam lagu baru agaknya cukup menunjukkan betapa malasnya pantat-pantat itu beranjak dari gemah-ripah distro menuju dinginnya ruang studio. Goddamned! Untungnya, semua telah terbayar. Lunas.


Sialnya, mereka tidak memilih Anda, Kamu, Saudara atau bahkan Pacar mereka untuk mendengarkan utuh pertama kalinya album ini. Saya. Tidak tahu mengapa. Setelah beberapa peristiwa buruk yang datang menghampiri saya beberapa jam sebelumnya, hanya beberapa saat kemudian saya mendapat keberuntungan ini. Tante saya tercinta meninggal dunia karena kanker payudara dan malam harinya di kala berduka saya harus berangkat ke Bandung untuk meliput konser Marcell yang hanya disaksikan sekitar 15 orang penonton! Album terbaru KOIL ini cukup membayar kesia-siaan dan kantuk yang parah karena harus kembali ke Jakarta untuk sebuah pemakaman paling menyedihkan dalam kurun waktu 7 tahun terakhir setelah kematian ayah saya.

Moral bukanlah judul album resmi dari album ketiga KOIL. Ini saya cuplik dari "Ajaran Moral Sesaat," salah satu judul lagu paling cerdas semenjak The Upstairs menciptakan "Alexander Graham Bell." Hingga sekarang mereka bahkan belum menemukan apa titel resmi bagi rilisan dahsyat ini. Bahkan ketika saya berkunjung ke GOD INC dini hari itu mereka masih sibuk memotret seorang perempuan cantik dalam pose setengah telanjang untuk kebutuhan sampul album. Hell yes, life is like a box of chocolates...

Donny pada departemen musik, Otong pada departemen lirik dan Adam pada departemen tata suara adalah sinergi lethal dari album yang pasti “segera-menjadi-klasik” ini. Tanpa mengecilkan sama sekali kebesaran kontribusi Bobby atau Leon, cukup mengerikan untuk membayangkan sebuah album terbaru KOIL tanpa eksistensi Tripartit ini.

Jujur, saya sendiri buta-tolol pengetahuan teknis tata suara namun apa yang telah di-develop Adam ‘Kubik’ pada sound drums Leon & sound gitar Donny di album ini adalah brilyan! Simak pula banyaknya lead guitar, hilangnya sampling, bungkamnya kuntilanak, masuknya kibor dan lenyapnya teriakan-teriakan tidak jelas Otong yang kini lebih bernyanyi adalah kejutan dari album yang tetap menjual dominasi gitar Donny.

Dan ini adalah sekilas opini saya tentang semuanya:


"Kenyataan Dalam Dunia Fantasi"

Gagahnya suara big drums in the vein of Scentless Apprentice membuka lagu pembuka yang saya duga merupakan peninggalan dari session Megaloblast. Dalam kasus KOIL, kembali ke masa lalu bukan berarti buruk dan tidak pula berarti pengulangan. Menjelang akhir lagu ini pengaruh Rammstein-esque mengiringi Otong menyemburkan sumpah serapah: "Nasionalisme menuntun bangsa kami menuju kehancuran."

"Semoga Kau Sembuh"
Kibor serasa membawa kita kepada suasana dingin malam di sebuah kastil Eropa yang berpendaran oleh lilin. Indah. Nuansa yang sangat berbeda dari seluruh lagu KOIL yang pernah dirilis sebelumnya. It’s all because of him? Saya tidak tahu. Pastinya ini sebuah pemberontakan norma. Lagu berdurasi tujuh menit ini niscaya cukup mengingatkan kita akan kedigdayaan dan kemegahan sound metal Eropa.

"Ajaran Moral Sesaat"
Suara big drums yang mengagumkan itu datang lagi. Panjang. Histeria. Bagian bersenandung Otong di lagu ini menurut saya adalah bagian terkuat dari lagu ini.
"Kau pikir agama adalah alat heh/mengikuti ajaran moral sesaat hah/menjual nama Tuhan nama nabi nama kitab suci/dan semua yang kita segani." Sebuah lagu sesat untuk ajaran moral sesaat.

"Aku Lupa Aku Luka"
Lagu favorit saya di album ini. Anthemic! Yang pertama saya bayangkan ketika mendengar lagu ini adalah nuansa sesaknya sebuah stadion utama dimana semua orang tak ada yang ketinggalan untuk ikut bernyanyi bersama: "luka luka luka luka/aku lupa luka luka luka luka..." Potensial melahirkan goosebumps. Lagu glam rock dalam format terbaiknya. Di sini sound gitar Donny adalah sebuah persembahan terbaik yang bisa disajikan. Gila! Sangat gila!

"Hanya Tinggal Kita Berdua"
Lagu ini kembali mengingatkan tradisi KOIL era Megaloblast. Sekali lagi tetap kuat. Berhasil. Agaknya ada sedikit pengaruh Alex Lifeson di sini. Lirik paling menohok di lagu ini ada pada bagian "dan bertahanlah untuk luka yang lebar menganga..."

"Sistem Kepemilikan"
Boleh jadi ini bukan lagu terkuat di album ini tapi jangan pernah sekali lagi sangsi kalau lirik lagu ini adalah yang terbaik di antara semuanya. Entah mengapa di album ini Otong sangat membenci negara busuk ini. Dan saya pun tidak kuasa untuk tidak mendukungnya.
“Ini negara bodoh yang sangat aku bela/layaknya kekasih yang tercinta/tiap jengkal aku mendaki terasa hampa…”

Semenjak Adam untuk pertama kalinya menyerahkan album ini ke saya subuh itu, semenjak itu pula lah saya tak pernah berhenti untuk mendengarkannya. Saya berani menjamin hal yang sama akan terjadi pula kepada semua. Sesudahnya.

OK, lalu berapa harga yang harus kalian bayar untuk rilisan terbaru dari KOIL ini?

Nothing!
None!
Zero!
Zip!

Trust me…
It's going to be FREE!

Sebuah revolusi telah dimulai.
Dari Bandung....


Wenz Rawk, Rolling Stone




KOIL – Moral
(Apocalyspe Records)

Track List:
1. Kenyataan Dalam Dunia Fantasi 4:06
2. Semoga Kau Sembuh 7:58
3. Ajaran Moral Sesaat 4:52
4. Aku Lupa Aku Luka 4:31
5. Hanya Tinggal Kita Berdua 7:33
6. Sistem Kepemilikan 4:40


NB: Terus terang tahun ini scene musik lokal mesti berterima kasih banyak atas rilisnya Seringai - Serigala Militia dan tentunya, Koil - Moral yang hasilnya sangat, sangat memuaskan!

Komentar

  1. maksudnya album ini gratis? bakalan cuma ada di internet?

    BalasHapus
  2. cuma ada di internet tapi koq dibakar ke kepingan CD? Atau buat temen2 aj ya?

    BalasHapus
  3. penantian yang panjang..ck ck ck... Bonus lagu koil di rolling stone kemaren sebagai pelepas dahaga...
    gratis ya? kalo gitu boleh bakar sekarang dong wen? hehehe

    BalasHapus
  4. ditunggu aja official statement dari KOIL Management ya, ga. nggak enak juga ngelangkahin hehe.

    BalasHapus
  5. yang bilang ada di internet tuh sapa? sabar yak :)

    BalasHapus
  6. great! hail local musics scene! ditunggu kabar selanjutnya...

    BalasHapus
  7. cimeng banget dibakar :)
    belom boleh sama ots, ded.
    seperti kata Axl: "just a little patience.."

    BalasHapus
  8. wah,,,mau,,ntar di inpormasikan lebih lanjud y bapak wenz..

    BalasHapus
  9. di lagu ini patern vokal yang brilian buat gw!

    BalasHapus
  10. setuju. buat gue, tahun ini gue excited banget karena banyak band lokal yang rilis album bagus-bagus. mudah-mudahan buat kedepannya bisa kayak gini terus biar musik indonesia makin banyak yang variatif gak gitu-gitu terus.

    btw, Zeke and the popo juga mau rilis agustus ini (hahahha...colongan...)

    BalasHapus
  11. kalo udah nulis seputar musik rock atau metal, elo jago banget wenz. pilihan kata2nya itu loh. bikin iri saja. :D karakter elo muncul banget kalo udah bicara soal rock atau metal.

    *sori, tak sesuai konteks reply-nya. hehe.

    BalasHapus
  12. Untung namanya Wenz Rawk... Bukan Pete Wenz :-)

    BalasHapus
  13. hmm hmm.. buat gw masih agak kaget karena sangat terbiasa denger megaloblast. beberapa masih asing dan gw lebih suka lirik di megaloblast.
    tapi ini adalah sebuah album lain dan tadi malem, gw mendengarkannya lagi, lagi dan lagi.
    dan asyik.
    dan gratis.
    salam kenal dari pojokan bandung! :D

    p.s. saya kutip link dan tulisannya buat disalah satu blog saya yang laen yaks..

    BalasHapus
  14. Gue dapet jatah untuk nyebarin 2 6 lagu. Tunggu aja di DRS....

    BalasHapus
  15. judul tentatif satu lagi: Black Light Shines On Mini Album

    BalasHapus
  16. Hihi..ini lucu banget. Apalagi kalo rambutnya tiba2 jadi pendek dan poni panjang belah pinggir haha...
    Wuah, gw baru denger bocorannya satu lagu di mobilnya Mba' Santi. Gokil, makin canggih aja Otong. Performa Adam mah sudah tak diragukan lagi. Gw sempet liat dia nge-DJ di Nu Substance. Amazing dark wave! Seandainya semua DJ seperti dia, saya pasti rajin clubbing
    X P

    BalasHapus
  17. Kalo ada launchingnya asyik tuh, closingnya ditutup DJ Adam. Pasti gak ada METAL VS DUGEM karena anak metal pun ikut geleng-geleng hehe...Gw ada tuh foto-foto di Score! Keren banget tuh orang, gw sampe terpesona hehe..: O~

    BalasHapus
  18. waaaa....gretongan??? maw dwong....

    BalasHapus
  19. Eh Speedkill udah rilis lho....hehehehe

    BalasHapus
  20. Kebeneran gw baru dengerin 1 lagu, "Kenyataan Dalam Dunia Fantasi". Disini KOIL seperti balik ke era2 lagu "Matahareeee" album lama, masih pada inget ga ? komposisi lagu simple, beat2 segar..lirik lugas n jujur..namun tetep absurd..lain dengan era megaloblast..disini koil sepertinya ga mau berpusing2 ria..tapiiii koq sound drumsnya vintage banged ya...knp sih ga live drums aja ?

    BalasHapus
  21. x ini yakiin "just a little patience.." ??
    gue mah, agak "iyaiyaenggakenggak" dgn kbr ini..
    tp,gothblessed,
    koil msh ingt sama bandnya.



    +tanpamakna+

    BalasHapus
  22. Kalo gw denger n baca-baca liriknya "Dunia Fantasi" ini sekilas memang simpel tapi lo perhatiin ga kalo di lagu ini ga ada pengulangan bait lagu, lagu ini aneh buat gw soalnya baru kali ini ada lagu yg ga ada reffnya. Bener ga sih?

    BalasHapus
  23. benar-benar "hiburan ringan".... semoga otong dibesarkan alat vitalnya oleh tuhan karena telah berjasa menyejukkan musik indonesia. HAIL KOIL!

    BalasHapus
  24. Wah jadi penasaran pengen denger.Kemaren waktu di Padang Indra Thamrin udah nyeritain mini album ini

    BalasHapus
  25. MENDEKATI SURGA ... KITA DAPAT DISELAMATKAN. DAN . DOSA INI TAKLKAN PERNAH BERHENTI.

    BalasHapus
  26. alaah.. .ini ben tidak bermutu! Kugiran! Kolesterol diusia senja! (kayak guah haha)...mending beli bajakan yang laen di glodok, Kangen Ben kek, Juwita kucing Garonk kek lebih ngebeat. Ini musik karya businessmen buat pebisnis resah kyk nerwan lapindo bakrie...coba liat aja judul lagunya: Sistem Kepemilikan? Tunggal atau Umum atau terbatas? Atau VOC cultural stelsel? Trus, ada Kenyataan di DUFAN (?)? NIN tapi bukan NIN. Iwan Pales lagi protes nasionalisme tapi bukan, malah menyayat kayak Craddle ov Vilth.... Suara drumnya, suara gitarnya, bikin tetangga gue bangun disiang bolong. .Leon, Imo, Doni, Ots en Goddess...hayu atuh disandingkan lagi bareng Megadeth nanti, biar kita liat msh kuat atau sdh kolesterol...:)

    BalasHapus
  27. kamu yang di forum kafe gaul yaaaaaa..... hehehe..

    BalasHapus
  28. betul sekali.... ayoh mana lagi aplodannya, baru 3 lagu sudah semakin menggelinjang sayah...

    BalasHapus
  29. anjisth..
    3 lagu mereka sangat layak terus diputar di telinga anda...
    bangsatlah bwat koil...
    vivalarock bwat mereka..
    tapi nanggung ny yg bsa di download..

    BalasHapus
  30. mantaplah...cuman kalo masih ada yang punya mp3 album mereka yg self titled gw bakal berterima kasih bgt...emang ada?

    BalasHapus
  31. atas saran bapak one, KOIL dan saya sudah melakukan general check up dan hasilnya semua masih dalam batas normal kecuali leon dan. . . saya!!!
    hahahaaa. . . :p
    (sangat susah menolak tawaran kambing guling!!!)

    p.s: dalam waktu dekat KOIL dan killer management akan mengeluarkan statement resmi berkenaan dengan album barunya ini. jadi tunggu sajalah yes! yiuuuuuuuu'... ;)

    BalasHapus
  32. kali ini saya ingin bicara serius tentang KOIL, silahkan anda menaggapi terserah anda.
    tanpa bermaksud hiperbolis, mendewakan sesuatu, ataupun menuhankan kebencian. saya merasa kebencian saya pada bangsa tempat saya tidak sengaja terlahir ini sangat terwakili. saya merasa ada yang menyuarakan kebisuan saya, tanpa harus menunaikan kekerasan untuk mewakili kebencian ini. terima kasih KOIL, semoga aku sembuh. HOREEE!!!!!

    BalasHapus
  33. KALO MAU LAGU2 KOIL. BELI ROLLING STONE AJEE. KALO GAK SALAH NOV 2007 DIKASIH GRATIS!

    BalasHapus
  34. kamu bener banget deh, mba'... =)

    buat bulan januari ini cd KOIL bisa didapetin gratis juga di:
    - koran berontak zine (buat kota medan, aceh, pokonya sekitar sumatera deh!)
    - mosh! magazine (ini buat kamu yang di semarang, bali, dan sekitarnya juga)
    - glow magazine (kamu-kamu yang tinggal di bandung, enjoy yah!)

    dan tunggu pembagian cd gratis ini di media-media lain di kota kamu yah! =D

    BalasHapus
  35. emangnya ni album dijual terbatas y? kemaren abis manggung di jack daniels gitu kan yah?

    BalasHapus
  36. gak terbatas kok, kalo bisa sebanyak-banyaknya... =D
    tapi memang lagi membagi-bagi dan memilih media yang tepat buat kita ajak kerjasama.

    ya, betul KOIL manggung di event-nya jack d karena buat album ini KOIL memang disupport jack d buat music campaign-nya.

    BalasHapus
  37. boleh saya ijin save bang... buat review di blog saya...

    BalasHapus
  38. mng otong, boleh minta donk CD ny, kalo masih ada... hehe kurang seu ui kalo cuma donlot mah...

    BalasHapus
  39. di jakarte ade ga yg nyedian cd nye koil ma asesoriesnye...minta alamatnye yeh..nuhun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKJ: SCHOOL OF ROCK [Editor's Cut]

LED ZEPPELIN Reunion 2007: The Full Report From David Fricke