Samidi Wafat Bukan Karena Nasi Basi, Serangan Hawa Dingin!


Pagi ini dikagetkan dan miris hati mbrebes mili saat membaca di timeline Path dan Twitter tentang kisah seorang tukang becak bernama Samidi (60 tahun) yang wafat tergeletak di bawah becaknya di Jl. Branjangan, Kota Lama, Semarang beberapa hari yang lalu.

Rumor dan drama kemudian ramai beredar serta di repath orang banyak bahwa Samidi wafat karena kelaparan dan memakan nasi basi, tepat di bawah poster kampanye seorang caleg. Anehnya, sumber resminya tak jelas dari mana.

Sebagai jurnalis saya skeptis menerima info yang tidak jelas seperti ini dan coba verfikasi via sms ke rekan wartawan di Jawa Tengah dan melakukan fact-checking, sederhana saja: Lewat Google!

Jawaban sms teman saya wartawan dari koran Kedaulatan Rakyat: "Belum A1 dan belum valid infonya, mas." Sebagai informasi, A1 adalah sandi rahasia kepolisian untuk kategori berita yang dapat dipertanggungjawabkan.

Saya lanjutkan dengan googling. Ternyata tak ada satu pun media cetak/online lokal maupun nasional yang memberitakan wafatnya "Samidi karena Nasi Basi." Ini saja sudah cukup mencurigakan untuk diteruskan sebenarnya ke khalayak. Untuk kategori berita human interest yang tragis seperti itu seharusnya sudah ramai media massa memberitakan.

Akhirnya ada sedikit titik cerah. TVKU.tv, salah satu situs web televisi lokal di Semarang ternyata memberitakan kisah wafatnya Samidi ini, bahkan lengkap dengan video liputannya pula.

Menurut Kapolsek Semarang Utara, Kompol Budiman Gultom, "Samidi tewas akibat serangan hawa dingin saat musim hujan. Korban diketahui juga dalam kondisi sakit parah, dari saku celana korban petugas menemukan berbagai obat-obatan, salah satunya obat sakit kepala."

Tidak ada keterangan resmi dari polisi bahwa Samidi wafat karena makan nasi basi.

Intinya sih, di Abad Digital yang makin canggih dan luber informasi seperti sekarang ini seharusnya kita lebih bijaksana dalam menyaring segala macam infomasi yang beredar, jangan asal repath atau re-tweet. Tengsin sama gadget elo yang mahal! :p

Link video berita tewasnya Samidi dari tvku.tv:

http://tvku.tv/v2010b/index.php?page=stream&id=9166

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKJ: SCHOOL OF ROCK [Editor's Cut]

LED ZEPPELIN Reunion 2007: The Full Report From David Fricke