Rusuh Konser METALLICA - Stadion Lebak Bulus 10 April 1993 di GLOBAL METAL Trailer!




"In GLOBAL METAL, directors Scot McFadyen and Sam Dunn set out to discover how the West’s most maligned musical genre – heavy metal – has impacted the world’s cultures beyond Europe and North America. The film follows metal fan and anthropologist Sam Dunn on a whirlwind journey through Asia, South America and the Middle East as he explores the underbelly of the world’s emerging extreme music scenes — from Indonesian death metal to Chinese black metal to Iranian thrash metal. GLOBAL METAL reveals a worldwide community of metalheads creating a new form of cultural expression in societies dominated by conflict, corruption and mass-consumerism."


Siapapun yang dulu nggak nonton (atau masih terlalu muda?:) konser Metallica yang rusuh parah di Stadion Lebak Bulus pada 10-11 April 1993 (15 tahun lalu!) dan cuma mendengar via obrolan-obrolan tongkrongan saja, jangan khawatir! Sebentar lagi kita bisa menyaksikannya langsung via film dokumenter GLOBAL METAL karya Sam Dunn, sutradara, antropolog-cum-metalhead asal Kanada. (masih ingat Metal: A Headbanger’s Journey?)

Sementara waktu coba surf ke website www.globalmetalfilm.com dan tonton trailer film dokumenter hebat ini di sana. Sekilas nanti bisa dilihat suasana Stadion Lebak Bulus lengkap dengan kobaran api yang menyala hebat dari mobil-mobil dan bangunan yang berada di luar stadion!

Ternyata Lars Ulrich (drummer Metallica) sendiri masih sangat jelas mengingat kerusuhan konser mereka di Jakarta dulu. Sekilas dia juga sempat bercerita tentang hal itu di trailer ini.

Saya dan Arian13 waktu itu sempat kelimpungan ketika diminta membantu untuk mencari footage atau foto tentang kerusuhan konser Metallica di Jakarta ini. Semua stasiun televisi nasional yang memilikinya tidak mau meminjamkan karena menurut mereka hanya akan memberikan citra buruk saja bagi Indonesia. Haha. Standar lah. Saya sendiri cuma menyimpan beberapa artikel majalah tentang konser Metallica saat itu dan juga potongan tiketnya tapi menurut mereka itu tidak cukup.

Belakangan akhirnya saya dikabarkan kalau Lars Ulrich sendiri akhirnya rela membongkar gudang di rumahnya hanya untuk mencari video tersebut.  

Ajaib juga karena ternyata Lars masih menyimpan dengan baik video dokumentasi dari konser 15 tahun yang lalu itu di gudang rumahnya. Video ini bahkan belum pernah dipublikasikan sebelumnya oleh Metallica. Jadi memang sangat eksklusif pastinya!

Selain Lars Ulrich, di trailer ini juga (sepertinya) Max Cavalera (Soulfly/Sepultura) sempat bercerita tentang konser Sepultura yang rusuh di Surabaya pada tahun 1992 dan akhirnya berhenti di lagu ke-6.

Menonton trailer GLOBAL METAL ini akhirnya malah membuat rasa penasaran saya dengan film ini makin memuncak. Sayangnya kita masih harus menunggu beberapa lama lagi untuk bisa menonton film ini di Indonesia (sebagai satu-satunya scene metal di Asia Tenggara yang dipilih oleh Sam Dunn untuk masuk ke dalam film ini.)

By the way, dua hari yang lalu saya mendapat e-mail dari Liisa Ladouceur, seorang researcher Global Metal  yang memberitahu kalau film terbaru karya Sam Dunn ini bakal ditayangkan di Singapore International Film Festival hari Sabtu (5/4) besok….

“The film is getting out there at film festivals. So far, nothing in any of the countries we actually filmed in yet, but perhaps you, your friends and/or family may find yourself in one of these cities in April? If so, we hope you can check it out. Obviously, if you're going, please let us know.”

Tentu saja saya tidak mungkin pergi ke Singapore hanya untuk nonton film yang sudah saya tunggu-tunggu rilisnya sejak lama ini L Mudah-mudahan teman-teman yang tinggal di sana bisa menonton film ini dan menceritakannya kemudian? (Hallo Ical!)

Special thanks to Fay (Lim Kok Wing University, Malaysia) for the info!

 

-----------------------

 

GLOBAL METAL FILM FESTIVAL SCREENING:

SINGAPORE

Singapore International Film Festival

April 5

Tickets and schedule info is here: http://www.filmfest.org.sg/index.php


Komentar

  1. satu hal yang gw sayangkan dari film dokumenter ini adalah audio yang kurang 'keluar' ... ato dvd yang gw tonton itu aja yang soundnya kurang?eheheheee....

    BalasHapus
  2. yang muncul setelah footage stadion lebak bulus kayaknya gue kenal tuh..hahahahaha

    BalasHapus
  3. gila wen..gue merinding liat trailernya pas gue lagi liat2 si lars ulrich cerita gimana rusuhnya lebak bulus...eeeehhh ada elo cerita "After the Metallica's concert, they banned AAAAAAALLLLLLLLLL metal shows" hahahahaha...gila deh lo wen pokoknya. Eh kalo lo dapet dvdnya dari si Sam gue nonton dong wen!penasaran banget gue..hehehe. Juni besok lah kita berbincang2..abis gue balik dari sini! oke wen!

    BalasHapus
  4. widihhh wenz ada di cover depan friend myspace global metal bersanding dengan metallica dan mastodon...mantappss hehhehe can't wait to see this movie

    BalasHapus
  5. di indonesia ga musti konser metal aja yang rusuh!..untungnya Lars punya footagenya ya..jadi seru-seruan liat bangsa bar-bar mengapresiasi METAL! Indonesian Metalhead should be Proud!.

    BalasHapus
  6. jadi yg patut ditunggu, ini sama "kantata taqwa" di singapore film fest?

    BalasHapus
  7. filmnya keren!
    I saw you in that film, I like your story about how you can get the metallica's ticket ;)

    BalasHapus
  8. wuhuuu...jadi pengen liat juga...!!!
    pastilah dahsyat film itu yah...manah manah mau liat donk..

    BalasHapus
  9. haha. dan gokilnya pas gue bantuin tim produksi Global Metal untuk nyari footage kerusuhan konser Metallica ke RCTI, SCTV, MTV Asia, tidak menghasilkan apa-apa. di RCTI, gue dibilang sama Pak Arif Soeditomo sebagai agen negara Barat untuk mempropagandakan keburukan bangsa Indonesia. padahal footage itu pointnya bukan kesana. it's about METAL. :D di SCTV, footage-nya sudah rusak. MTV Asia, ternyata tidak punya.

    di Singapura sudah ada screeningnya, dan semalam kebanjiran SMS dari teman-teman disana. penasaran hasilnya. dan penasaran sama komentar band grindcore lokal tersebut. x)

    BalasHapus
  10. ada ga ya festival film di bulan april? kalo dari email researcher itu sih, kl ada festival di Indonesia mungkin masih bisa dibajak kesini. Mantep siah kalo sampe jadi dateng n bisa diskusi. Ato ada pihak yang mengundang sih. Rolling stone? hehe...(ngarep...)

    BalasHapus
  11. gua bangga ama arian juga, ada photonya doi di myspace heehhe

    BalasHapus
  12. iya Ded, gue bangga sama gue Ded. xp

    BalasHapus
  13. hahaha, udah lebih dari laba ya ded? jadi masuknya riya. hahaha....

    BalasHapus
  14. gua bangga juga sama lo wen. pasti lars ulrich akan mengerti bener perasaan lo sekarang

    BalasHapus
  15. gue inget pulang nonton konser Metallica jalan kaki dari lb bulus ke blok m...he..he..gokil! Seingat gue rusuh itu gara2 orang mau gratisan nonton trus ngamuk..... Indonesia banget gitu loh!

    BalasHapus
  16. yup, masih SMP kelas 1 waktu sy nonton konser itu, masih umur 13 thn, sy ikut teman yg udah SMA sekitar 7 org sy berangkat dr bekasi, tiket sy beli oleh uang hasil jualan ikan cupang & black moly hahaha, jadi ingat masa lalu, teman teman saya paksa beli ikan cupang hasil ternak sy, habis 300an ikan cupang n blackmoly yg saya jual yg akhirnya diborong pedagang SD, hahaha, demi tiket METALLICA....

    BalasHapus
  17. salam kenal! numpang ngintip ya? gw dulu nangis gerung2 sama bokap gw mo nonton metallica gak dikasih dan skrg gw baca postingan ini jadi pengen nangis lagi huaaaaaaaaaaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IKJ: SCHOOL OF ROCK [Editor's Cut]

LED ZEPPELIN Reunion 2007: The Full Report From David Fricke